Syam.Eu.Org


Cara Mencegah Dan Mengatasi Keriting Pada Tanaman Cabe Dan Tanaman Lainnya
Dibagikan pada: Rabu, 07-08-2019, 10:25:04 WITA | Kategori: Pertanian | Suka: 2 | Tidak Suka: 1 | Komentar: 0 | Suara: 17 | Nilai: 5.8/10


Cara Mencegah Dan Mengatasi Keriting Pada Tanaman Cabe Dan Tanaman Lainnya
Cabe adalah tanaman yang sangat rawan terserang keriting, keriting ini biasanya juga disertai dengan serangan virus. Baik itu serangan gemini virus atau mosaik kuning. Serangan ini bisa terjadi pada cabai besar, cabe keriting, cabai rawit, dan juga tanaman lainnya.

Keriting bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab diantaranya adalah karena serangan hama, kekurangan nutrisi, faktor cuaca dan lain sebagainya.

Untuk keriting yang disebabkan oleh hama, biasanya hama yang menyerang adalah tungau, thrips, aphid, dan kutu putih (kutu kebul).

Gejala serangan tungau ditandai dengan warna daun mengkilat dan warnanya seperti tembaga, pucuk tanaman seperti terbakar dan berguguran.

Gejala serangan thrips yaitu daun menebal, ada bercak keputih-putihan atau kekuning-kuningan atau kecoklat-coklatan yang biasanya terjadi pada bawah daun, kedua sisi daun menggulung ke atas, daun mengeriting, dan pertumbuhan tanaman tidak normal.

Aphid bisa disebut juga sebagai kutu daun. Gejala serangan aphid yaitu daun jadi menggulung atau mengeriting, adanya embun madu yang melapisi permukaan daun, tanaman cabe tidak normal atau kerdil.

Gejala serangan kutu kebul yaitu daun jadi keriting dan jadi kekuning-kuningan yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh kutu putih. Kutu kebul ini biasanya bisa dilihat dengan nampak pada bawah daun dan apabila tanaman cabe digoyang biasanya akan beterbangan hama kutu putih ini.

Berikut ini adalah cara mencegah dan mengatasi keriting pada tanaman secara umum, yaitu:

1. Memilih bibit yang unggul

Pilihlah bibit yang tahan terhadap virus yang di sebabkan oleh thrips, kutu kebul, dan aphid sekaligus tahan terhadap serangan tungau, thrips, kutu kebul, dan aphid.

2. Hindari menanam pada musim kemarau

Serangan hama penyebab keriting biasanya menguat pada musim panas atau musim kemarau. Selain itu pada musim kemarau juga bisa menyebabkan tanaman kekurangan air sehingga sulit menyerap nutrisi.

3. Pemberian pupuk yang berimbang

Pemberian pupuk yang tidak seimbang bisa menyebabkan tanaman mudah terserang hama dan penyakit.

4. Menjaga kebersihan

Jagalah kebersihan di area tanaman, bersihkan secara rutin lahan dari gulma pengganggu tanaman, karena rumput bisa jadi tempat bersarangnya hama.

5. Penyemprutan dengan pestisida secara rutin

Penyemprotan bisa dilakukan dengan insektisida (pestisida pembasmi hama) dan akarisida (pestisida pembasmi tungau dan kutu-kutuan). Baik itu menggunakan pestisida organik ataupun kimia.

Pastikan menyemprot dengan menggunakan dosis yang tertera pada kemasan dan jangan sampai melebihi dosis karena akan menyebabkan resistensi pada hama (hama jadi kebal).

Anda bisa menggunakan insektisida dan akarisida berbahan aktif Diafentiuron yaitu merk Pegasus dan diselang-seling dengan insiktisida berbahan aktif Abamectin, baik itu Agrimec, Bamec, Asmec, dan lain-lain. Diafentiuron berfungsi untuk membasmi dan mencegah tungau, thrips, aphid, kutu kebul, ulat, dll. Insektisida berbahan aktif Diafentiuron bisa dikatakan insektisida sapu rata karena membasmi berbagai macam hama secara ampuh, gunakan insektisida ini jika berbagai macam hama menyerang tanaman Anda. Insektisida berbahan aktif abamectin digunakan untuk membasmi thrips dan juga bisa untuk ulat.

Itulah tadi cara mencegah dan mengatasi keriting pada cabe besar, cabe merah, cabai rawit, tomat, dan tanaman lainnya.

Komentari Dan Beri Nilai
Nama

Jenis Kelamin

Isi Komentar


Back to TopHome PagePrivacy PolicyContact UsDisclaimer
Syam.eu.org adalah situs yang bersifat informatif dan menghibur jadi pada dasarnya situs ini ingin memberikan pengetahuan dan hiburan kepada para pengunjung. Untuk anak usia dibawah 13 tahun yang mengakses situs ini, kami harapkan dengan pengawasan dan bimbingan dari orang tua. Dengan menggunakan situs web kami, berarti Anda setuju dengan kebijakan Privasi dan Cookies serta menyetujui semua ketentuan yang ada dalam situs ini.