Syam.Eu.Org


Cara Mencegah Dan Mengatasi Serangan Lalat Buah Di Perkebunan
Dibagikan pada: Rabu, 14-08-2019, 8:36:14 WITA | Kategori: Pertanian | Suka: 2 | Tidak Suka: 1 | Komentar: 0 | Suara: 15 | Nilai: 5.7/10


Cara Mencegah Dan Mengatasi Serangan Lalat Buah Di Perkebunan
Lalat buah adalah salah satu hama pengganggu tanaman yang menyerang buah. Lalat buah menyerah dengan cara menyengat atau menyuntikkan telurnya ke buah, yang mengakibatkan buah jadi rusak atau busuk. Kerusakan pada buah bisa disebabkan oleh infeksi karena sengatan lalat buah dan juga menetasnya telur yang disuntikkan lalat buah, kemudian ulat itu memakan atau merusak bagian dalam buah tersebut.

Serangan lalat buah ini bisa menyebabkan kualitas dan jumlah panen menurun, bahkan bisa menyebabkan gagal panen jika tidak ditangani dengan tepat. Langkah penanganan terbaik adalah melakukan pencegahan. Berikut ini cara mencegah dan mengatasi serangan lalat buah:

1. Penyemprotan secara rutin

Semprut tanaman dengan menggunakan insektisida berbahan aktif Beta siflutrin, Imidakloprid, Dimetoat dan Profenofos dengan cara selang-seling secara bergantian dengan interval 3-7 hari sekali.

Berikut ini adalah daftar nama insektisida yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi serangan hama lalat buah: Silahkan klik pada nama pestisida untuk membaca petunjuk penggunaan dan informasi lainnya.

2. Menggunakan perangkap lalat buah

Membuat perangkap lalat buah sangat mudah dengan memanfaatkan botol bekas air mineral. Yang anda lakukan adalah mencari botol bekas air mineral, membeli petrogenol atau merk lainnya yang berbahan aktif metil eugenol di toko pertanian, menyiapkan kapas dari filter rokok, dan menyediakan tali dan benang.

Buat satu lobang kecil, cukup agar lalat buah bisa masuk pada bagian kira-kira 5 CM kebawah dari totop botol air mineral. Kemudian botol air mineral dikasih air sebanyak 60 ml. Yang Anda lakukan selanjutnya adalah mengikat kapas bekas filter rokok dengan benang kemudian celupkan kapas ke petrogenol lalu gantung didalam botol air mineral agar kapas berada ditengah-tengah botol, jangan lupa untuk menutup botol air mineral. Langkah selanjutnya adalah meletakkan botol air mineral yang sudah disulap menjadi perangkap lalat buah di area perkebunan pada ketinggian 1.5-2 M dari tanah dengan cara menggantungnya dengan tali. Anda bisa membuat 4-8 atau lebih perangkap lalat buah yang disebar secara merata pada area perkebunan.

3. Menggunakan lem lalat buah

Yang harus Anda lakukan adalah membeli lem lalat buah di toko pertanian, mencari botol bekas air mineral, dan menyiapkan tali.

Oleskan lem lalat buah pada seluruh permukaan botol air mineral secara merata kemudian gantung botol air mineral yang sudah dioleskan lem lalat dengan tali di area perkebunan pada ketinggian 1.5-2 M dari permukaan tanah. Anda bisa meletakkan beberapa botol bekas air mineral yang diolesi lem lalat pada area perkebunan yang disebar secara merata.

Itulah tadi cara untuk mencegah dan mengatasi serangan lalat buah pada perkebunan.

Komentari Dan Beri Nilai
Nama

Jenis Kelamin

Isi Komentar


Back to TopHome PagePrivacy PolicyContact UsDisclaimer
Syam.eu.org adalah situs yang bersifat informatif dan menghibur jadi pada dasarnya situs ini ingin memberikan pengetahuan dan hiburan kepada para pengunjung. Untuk anak usia dibawah 13 tahun yang mengakses situs ini, kami harapkan dengan pengawasan dan bimbingan dari orang tua. Dengan menggunakan situs web kami, berarti Anda setuju dengan kebijakan Privasi dan Cookies serta menyetujui semua ketentuan yang ada dalam situs ini.