Syam.Eu.Org


Kelebihan Dan Kekurangan Menanam Sayuran Pada Musim Kemarau
Kelebihan Dan Kekurangan Menanam Sayuran Pada Musim Kemarau

Oleh: Syam | Waktu: Kamis, 19-09-2019, 15:21:40 WITA | Kategori: Pertanian | Suka: 1 | Tidak Suka: 1 | Komentar: 0 | Votes: 11 | Rating: 6.0/10

Menanam sayuran pada musim kemarau memiliki keuntungan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan menanam sayuran pada musim kemarau:

Kelebihan / Keuntungan

1. Tidak mudah terserang penyakit

Pada musim kemarau tanaman sayuran tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri seperti penyakit layu, antraknose, bercak, busuk, dan lain-lain.

2. Terhindar dari bencana banjir

Pada musim kemarau kita tidak khawatir terkena genangan banjir meskipun menanam pada dataran rendah.

3. Tanaman tidak kelebihan nitrogen

Tinaman tidak akan kelebihan nitrogen pada musim kemarau asalkan jangan memberi pupuk nitrogen secara berlebihan. Berbeda dengan musim penghujan tanaman bisa mengalami kelebihan N meskipun tidak diberikan pupuk nitrogen.

Kekurangan / Kerugian

1. Serangan hama kuat

Serangan hama akan menguat pada musim kemarau seperti serangan hama thrips, kutu-kutuan, tungau, ulat, lalat buah, dan lain-lain.

2. Bisa mengalami kekurangan air

Tanaman sangat rentan kekurangan air jika tidak dilakukan penyiraman tiap hari secara rutin dan cukup. Kekurangan air akan menyebabkan tanaman tumbuh tidak normal atau kerdil bahkan tanaman bisa mati.

3. Penyerapan nutrisi bisa terganggu

Jika kekurangan air terjadi maka penyerapan nutrisi oleh tanaman juga akan terganggu.

4. Hasil panen berkurang akibat kekeringan

Jika tanaman sayuran mengalami kekeringan maka hasil panen akan berkurang bahkan bisa mengalami gagal panen.

Itulah tadi beberapa kekurangan dan kelebihan menanam sayuran pada musim kemarau yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin berkebun pada musim kemarau.

Komentari Dan Beri Nilai
Nama

Jenis Kelamin

Isi Komentar


Konten Dengan Kategori Yang Sama
Informasi Dan Cara Penggunaan Pestisida
Back to TopHome PagePrivacy PolicyContact UsDisclaimer
Syam.eu.org adalah situs yang bersifat informatif dan menghibur jadi pada dasarnya situs ini ingin memberikan pengetahuan dan hiburan kepada para pengunjung. Untuk anak usia dibawah 13 tahun yang mengakses situs ini, kami harapkan dengan pengawasan dan bimbingan dari orang tua. Dengan menggunakan situs web kami, berarti Anda setuju dengan kebijakan Privasi dan Cookies serta menyetujui semua ketentuan yang ada dalam situs ini.