Syam.Eu.Org


5 Cara Ampuh Berhenti Kecanduan Game Online
Dibagikan pada: Jum'at, 20-03-2020, 10:19:53 WITA | Kategori: Gaya Hidup | Suka: 2 | Tidak Suka: 1 | Komentar: 0 | Suara: 15 | Nilai: 5.7/10


5 Cara Ampuh Berhenti Kecanduan Game Online
Bermain game online tentu memiliki beberapa manfaat seperti membuat kita jadi bahagia dan menghilangkan stres asalkan tidak dilakukan secara berlebihan. Namun jika berlebihan apalagi sampai kecanduan tentu itu bukanlah hal yang bagus dan juga merugikan diri kamu sendiri bro / sis. Bahkan World Health Organization (WHO) secara resmi menyatakan bahwa kecanduan game online dikategorikan sebagai gangguan mental (jiwa).

Jujur saja dulu saya juga pernah kecanduan game online dan juga kecanduan bermain video game. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara berhenti kecanduan game online, yaitu sebagai berikut:

1. Sibukkan diri dengan sesuatu yang bermanfaat

Cobalah sibukkan diri dengan sesuatu yang lebih bermanfaat seperti beribadah, membantu orang tua, belajar, bersih-bersih rumah, merawat / membersihkan badan, bekerja, dll, pokoknya yang positif gitu lah. Dengan menyibukkan diri pasti kita bisa mengurangi bermain game online, bahkan tidak sempat untuk memainkannya lagi.

2. Berfikir lebih dewasa

Berfikirlah lebih dewasa dan gunakan akal sehat, seperti "Kalau saya bermain game secara berlebihan maka kesehatan akan menurun, jadi malas belajar, jadi malas bekerja, tidak mengerjakan kewajiban, bahkan masa depan saya akan suram". Dengan demikian pasti kamu bisa mengatur waktu agar tidak bermain game online secara berlebihan.

3. Temukan kesenangan baru yang lebih bermanfaat

Cara yang ketiga adalah dengan mencari dan menemukan hobi (kesenangan) baru yang lebih bermanfaat seperti berolahraga, membaca, menulis, dll, pokoknya yang bermanfaat gitulah. Kalau sudah menemukan kesenangan yang lebih bermanfaat tentunya kita akan melupakan kesenangan yang tidak bermanfaat.


Hindari juga menggantinya dengan kesenangan lain yang tidak bermanfaat apalagi kalau merugikan, karena hanya akan mengganti masalah yang lama dengan masalah yang baru. Misalnya bisa berhenti kecanduan game online, eh malah kecanduan pornografi... Jangan sampai kayak gitu ya bro / sis.

4. Jangan menggunakan Internet

Untuk main game online tentu memerlukan akses internet bukan? Untuk bisa melupakan dan berhenti kecanduan game online adalah dengan cara tidak membeli kouta internet atau paket internet dan menonaktifkan internet di gadget Anda.

Dengan puasa dari internet beberapa minggu atau beberapa bulan Insya Allah kamu pasti bisa berhenti kecanduan game online.

5. Jangan menggunakan Gadget

Ini adalah cara yang paling extreme dan dijamin ampuh yaitu dengan cara tidak menggunakan gadget (gawai) seperti smartphone, laptop, atau PC sampai Anda tidak kepikiran lagi untuk memainkan game online.

Itulah tadi 5 cara untuk berhenti kecanduan game online, Insya Allah ampuh asalkan Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan dengan niat yang kuat untuk berhenti kecanduan game online.

Komentari Dan Beri Nilai
Nama

Jenis Kelamin

Isi Komentar


Back to TopHome PagePrivacy PolicyContact UsDisclaimer
Syam.eu.org adalah situs yang bersifat informatif dan menghibur jadi pada dasarnya situs ini ingin memberikan pengetahuan dan hiburan kepada para pengunjung. Untuk anak usia dibawah 13 tahun yang mengakses situs ini, kami harapkan dengan pengawasan dan bimbingan dari orang tua. Dengan menggunakan situs web kami, berarti Anda setuju dengan kebijakan Privasi dan Cookies serta menyetujui semua ketentuan yang ada dalam situs ini.