Syam.Eu.Org


Cara Mencegah Dan Mengobati Antraknosa Pada Cabe
Dibagikan pada: Selasa, 23-07-2019, 12:58:07 WITA | Kategori: Pertanian | Suka: 2 | Tidak Suka: 1 | Komentar: 2 | Suara: 15 | Nilai: 5.7/10


Cara Mencegah Dan Mengobati Antraknosa Pada Cabe
Antraknosa adalah suatu penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh jamur. Gejala awal penyakit ini adalah adanya bercak kecil yang kemudian membesar atau meluas hingga keseluruh bagian tanaman hingga bagian tanaman tersebut mengering dan jaringan tanaman jadi mati.

Pada cabai penyakit Antraknose ini disebabkan oleh jamur Colletotrichum capsici. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk mengatasi penyakit antraknosa pada tanaman cabe, baik itu cabe rawit, cabe keriting, atau cabe besar, yang saya bagi menjadi 2 bagian yaitu pencegahan dan pengobatan. Yuk langsung simak caranya.

1. Pencegahan

Langkah pencegahan agar tanaman cabe tidak terserang penyakit antraknose yaitu adalah sebagai berikut:

1. Memilih musim yang tepat

Usahakan agar cabe berbuah pada musim kemarau, atau pada saat curah hujan rendah atau curah hujan tidak tinggi. Curah hujan tinggi bisa menyebabkan terjadinya serangan antraknosa yang parah dan sulit untuk dikendalikan.

2. Memilih bibit yang tahan terhadap penyakit antraknose

Cara ini adalah cara yang paling efektif dan akan mengurangi biaya produksi, karena kalau tanaman cabe tahan terhadap serangan penyakit maka kita tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk mencegah dan mengatasi serangan penyakit.

3. Pengapuran pada media tanam

Berikan kapur pada media tanam hingga PH tanah mencapai 7.

4. Memperbaiki sistem drainase atau pengairan

Usahakan jangan sampai ada genangan air di sekitar tanaman cabe apalagi dalam waktu yang lama.

5. Menjaga kebersihan di area perkebunan cabe

Usahakan gulma tidak tumbuh di perkebunan cabe Anda.

6. Pemberian pupuk yang seimbang

Jangan memberikan pupuk nitrogen secara berlebihan karena akan menyebabkan jaringan tanaman cabe jadi lemah dan mudah terserang penyakit.

7. Penyemprotan secara rutin

Lakukan penyemprutan secara rutin dengan fungisida kontak atau sistemik ataupun sistemik kontak sebanyak 1 kali atau 2 kali seminggu.

2. Pengobatan

Jika buah tanaman cabai Anda sudah terlanjur terserang antraknose maka lakukan langkah penyelamatan berikut ini dengan segera:

1. Segera lakukan penyemprotan

Lakukan penyemprotan dengan fungisida kontak sistemik dengan menggunakan dosis paling tinggi yang terdapat pada kemasan fungisida. Anda bisa mencampur fungisida kontak dan sistemik sendiri atau membeli yang berbahan aktif ganda, sistemik dan kontak.

2. Membersihkan Tanaman

Yang dimaksud membersihkan disini adalah membersihkan tanaman dari buah yang terserang antraknosa yaitu dengan cara memetiknya lalu dimusnahkan dengan cara dibakar.

3. Mengurami kelembapan

Lakukan perempelan beberapa daun paling bawah untuk mengurangi kelembapan pada tanaman.

4. Memberikan pupuk kalsium dan kalium

Pemberian pupuk kalsium dan kalium ini bertujuan untuk memperkuat tanaman agar tahan menghadapi serangan penyakit dan sebagai penyeimbang jika terjadi kelebihan N atau nitrogen pada tanaman cabai.

Nah itulah tadi cara mengatasi penyakit antraknosa pada tanaman cabe rawit, cabe keriting,dan cabe besar.

Fungisida Untuk Mencegah Dan Mengobati Penyakit Antraknose

Berikut ini adalah daftar pestisida untuk mengatasi penyakit antraknosa pada tanaman: Silahkan klik pada nama fungisida untuk membaca dosis, petunjuk penggunaan dan informasi lainnya.



Komentari Dan Beri Nilai
Nama

Jenis Kelamin

Isi Komentar


Komentar

Ipunk
Kalo antracol campur amistartop dan fungisida lainnya boleh apa tidak?

(Jum'at, 07-02-2020, 19:35:43 WITA)

Syam
Biar aman, tanyakan petugas pertanian setempat.

(Sabtu, 08-02-2020, 2:38:35 WITA)
Back to TopHome PagePrivacy PolicyContact UsDisclaimer
Syam.eu.org adalah situs yang bersifat informatif dan menghibur jadi pada dasarnya situs ini ingin memberikan pengetahuan dan hiburan kepada para pengunjung. Untuk anak usia dibawah 13 tahun yang mengakses situs ini, kami harapkan dengan pengawasan dan bimbingan dari orang tua. Dengan menggunakan situs web kami, berarti Anda setuju dengan kebijakan Privasi dan Cookies serta menyetujui semua ketentuan yang ada dalam situs ini.